CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 16 Januari 2014

Paksaan dari Ortu

Meskipun bukan termasuk tipe orangtua yang otoriter, tapi terkadang ortu  memaksakan kehendaknya ke kita. Misalnya memaksa kita untuk les atau masuk ekskul yang nggak sesuai minat. Lebih parahnya lagi, kalau mulai memaksa kita berteman dengan orang yang nggak kita sukai atau melarang kita berpacaran. Hmm, gimana mengatasi paksaan ini, ya?
  • Pikirkan sisi baiknya. Coba deh, dipikirkan lagi, mungkin saja ortu kita merasa bahwa keputusan yang mereka ambil untuk kita itu adalah yang terbaik. Misalnya, kita memang butuh les untuk menambah nilai pelajaran. Atau ortu ingin kita bergaul dengan berbagai macam orang.
  • Ungkapkan pendapat kita. Belajarlah untuk bisa berdiskusi dengan ortu. Ungkapkan keinginan dan pendapat kita. Mungkin saja ortu sebenarnya bukan ingin memaksa. Tapi, karena mereka nggak tahu keinginan kita, akhirnya mereka pun tanpa sadar membuat keputusan sendiri.
  • Cari jalan tengah. Selain curhat tentang keinginan kita, jangan ragu juga untuk berdiskusi buat mencari jalan tengah dari perbedaan ini. Misalnya, kita bersedia untuk ikutan les, asalkan ortu memperbolehkan kita ikutan ekskul sesuai dengan minat dan bakat kita.

0 komentar:

Posting Komentar