CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 20 November 2012

sejarah


1.      Jelaskan proses kerajaan Mataram terpecah menjadi kerajaan-kerajaan kecil ?
Setelah Amangkurat II wafat, menurut perjanjian giyanti tahun 1755, Mataram dipecah menjadi dua yaitu Daerah Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta . Tahun 1757, berdasarkan perjanjian salatiga,kerajaan Mataram dipecah lagi menjadi tiga bagian,yaitu Kesultanan Yogyakarta,Kesultanan Surakarta dan Mangkunegara. Tahun 1831, kesultanan Yogyakarta dibagi lagi menjadi dua kerajaan,kesultanan Yogyakarta dan Pakualam. Akhirnya Mataram terpecah menjadi empat kerajaan kecil, yaitu kesultanan yogyakarta,kesultanan surakarta,mangkunegara,dan pakualam.

2.      Bagaimana kehidupan politik kerajaan mataram ?
Setalah Kerajaan Demak runtuh,pusat pemerintahan dipindahkan ke pajang oleh Ki Jaka Tingkir ( Sultan Hadi Wijaya ) yang selanjutnya mendirikan kerajaan pajang namun usianya tidak lama, yaitu antara tahun 1569-1586M. Setelah Sultan Hadiwijaya meninggal, kota-kota pesisir terus memperkuat diri, sehingga membahayakan kedudukan kerajaan pajang. Pangeran Benowo tidak dapat mengatasi gerakan-gerakan yang dilakukan oleh para Bupati dan daerah pesisir pantai tersebut. Oleh karena itu, pangeran Benowo menyerahkan kekuasaan kerajaanya kepada Sutawijaya.

3.      Jelaskan kehidupan kerajaan ?
Kehidupan ekonomi kerajaan mataram adalah agraris yang banyak menghasilkan beras. Sebagian besar hasil pertanian Kerajaan Mataram diekspor ke kerajaan Malaka. Untuk meningkatkan hasil beras ini, Sultan Agung memindahkan para petani kedaerah karawang yang subur. Usaha ini merupakan persiapan penyerangan batavia.

4.      Jelaskan bagaimana kerajaan mataram pada masa kepemimpinan raja sultan Agung !
Di bawah pemerintahannya,kerajaan mataram mencapai masa kejayaannya. Sultan Agung mempunyai tujuan mempertahankan seluruh tanah jawa dan mengusir orang-orang Belanda di Batavia. Pada masa pemerintahannnya, kerajaan mataram dua kali mengadakan serangan ke Batavia (1628M dan 1629M), namun gagal. Kegagalan ini membuat Sultan Agung memperketat penjagaan,sehingga belanda sulit menembus daerah mataram. Sultan Agung wafat tahun 1645M dan diganti oleh putranya yang mendapat gelar Amangkurat .

5.      Jelaskan letak strategis kerajaan goa dan talo yang menyebabkan kerajaan itu berkembang ?
Kerajaan ini terletak didaerah sulawesi selatan. Secara geografis sulawesi selatan memiliki posisi yang penting, karena dekat dengan jalur pelayaran perdagangan para pedagang, baik yang berasal dari indonesia bagian timur maupun para pedagang yang berasal dari indonesia bagian barat. Dengan letak seperti ini mengakibatkan kerajaan makasar berkembang menjadi kerajaan besar dan berkuasa atas jalur perdagangan nusantara.


6.      Jelaskan alasan kepulauan maluku dijuluki sebagai the spice island ?
Alasannya karena kepulauan maluku merupakan penghasil rempah-rempah terbesar sehingga dijuluki sebagai “ the spice island ”.

7.      Jelaskan isi perjanjian saragosa !
Isi perjanjian saragosa adalah
“ bahwa bangsa spanyol harus meninggalkan maluku dan dindah ke philipina, sedangkan portugis tetap menguasai daerah-daerah dimaluku.

8.      Jelaskan alasan Sultan Hasanudin disebut sebagi “ ayam jantan dari timur “ ?
Alasanya karena Sultan Hasanudin telah berani memimpin pasukan kerajaan makasar untuk mempora-porandakan pasukan Belanda di Maluku, mengakibatkan Belanda semakin terdesak.

9.      Jelaskan penyebab Sultan Agung memperketat penjagaan di daerah-daerah perbatasan yang dekat dengan batavia ?
Karena pada masa pemerintahannya, kerajaan mataram dua kali mengadakan serangan ke batavia (1628M dan 1629M) namun gagal.

10.  Jelaskan tujuan Sultan Hasanudin sangat berharap agar Mapasomba dapat bekerja sama dengan Belanda ?
Tujuannya adalah agar kerajaan Makasar dapat tetap bertahan. Ternyata Mapasomba jauh lebih keras dari ayahnya sehingga Belanda mengerahkan pasukan secara besar-besaran untuk menghadapi Mapasomba. Pasukan Mapasomba berhasil dihancurkan dan ia tidak diketahui nasibnya. Dengan kemenangan itu,akhirnya Belanda berkuasa atas kerajaan Makasar.


11.  Jelaskan cita-cita Sutawijaya ?
Cita-citanya adalah menguasai tanah jawa. Oleh karena itu, berbagai persiapan dilakukan didaerah dengan memperkuat pasukan Mataram. Cita-cita ini baru dapat dilaksanakan setelah wafatnya Sultan Hadiwijaya dan penyerahan tahta dari pangeran Benowo kepada Senapati. Setelah berhasil membentuk kerajaan Mataram senapati mengadakan perluasan wilayah kerajaan dan menduduki daerah-daerah pesisir pantai seperti Surabaya.


12.  Bagaimana saat raja Alauddin memerintah kerajaan makasar ?
Pada saat raja Alauddin memerintah, kerajaan makasar mulai terjun dalam dunia pelayaran-perdagangan (dunia maritim). Perkembangan ini menyebabkan meningkatnya kesejahteraan rakyat Kerajaan Maksar.



13.  Jelaskan masa pemerintahan Sultan Hasanuddin di kerajaan Makassar ?
Pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin,kerajaan Makasar mencapai masa kejayaannya. Dalam waktu cukup singkat, kerajaan makasar telah berhasil menguasai hampir seluruh wilayah sulawesi selatan. Cita-cita untuk Sultan Hasanuddin untuk menguasai sepenuhnya jalur perdagangan Nusantara, mendorong perluasan kekuasaannya ke kepulauan Nusa Tenggara, seperti Sumbawa dan sebagian flores. Dengan demikian, seluruh aktifitas pelayaran perdagangan yang melalui Laut Flores harus singgah lebih dulu di ibukota Kerajaan Makassar.

0 komentar:

Posting Komentar