CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 22 Februari 2013

Grimm Brothers, Pendongeng Handal

Kita tentunya tahu dong, sama kisah Cinderella, Snow White, Rapunzel dan Hansel & Gretel? Semua cerita dongeng ini begitu melegenda sampai berulang kali dibuat film dan bukunya. Siapakah orang hebat dibalik semua kisah dongeng ini? Jawabannya adalah duo bersaudara Jacob dan Wilhelm Grimm.

Kedua bersaudara ini lahir di kota Hanau, Jerman di tahun 1780-an. Jacob berusia setahun lebih tua dari Wilhelm. Ayah mereka meninggal saat keduanya masih kecil sehingga keluarga mereka pun jatuh miskin. Meskipun begitu Jacob dan Wilhelm punya semangat belajar yang tinggi sehingga mereka berhasil berkuliah di University of Marburg. Di universitas ini mereka belajar Jerman literature. Dari sinilah ketertarikan keduanya akan sastra dan cerita rakyat dimulai. 

Setelah lulus, keduanya bekerja sebagai pustakawan di kota Kassel, Jerman. Selama menjadi pustakawan, keduanya meneliti dan mengumpulkan cerita rakyat Jerman dan Scandinavia dari buku sejarah dan para penduduk Jerman. Cerita-cerita rakyat tersebut kemudian mereka tulis ulang. Di tahun 1812, mereka mempublis buku cerita rakyat pertama mereka yang berjudul Kinder- und Hausmärchen. Di buku ini terdapat 86 cerita rakyat yang ditulis ulang. Kedua bersaudara ini terus meneliti cerita rakyat Jerman dan sekitarnya, hingga kemudian bertambah menjadi 200 cerita yang mereka tulis dalam buku berjudul German Mythology yang terbit pada tahun 1735.
  
Karya-karya mereka begitu dikagumi oleh masyarakat Jerman, sehingga mereka pun diminta mengajar sastra dan literature di University of Göttingen dan University of Berlin. Academy of Sciences, Jerman pun bersedia membiayai penelitian mereka untuk kembali mengumpulkan cerita-cerita rakyat di Jerman dan Negara Eropa lainnya. Sayangnya di tahun 1859, Wilhelm meninggal dunia karena infeksi jantung. Meskipun sedih banget sama kematian saudaranya, Jacob tetap bekerja menyusun The German Dictionary, proyek terakhirnya bersama Wilhelm. Jacob kemudian menutup usia menyusul Wilhelm di tahun 1863. Berkat kerja Grimm bersaudara ini, sekarang kisah para putri cantik seperti Cinderella, Snow White, Sleeping Beauty dan Red Riding Hood bisa jadi pengantar tidur kita. 

0 komentar:

Posting Komentar