CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 15 Februari 2012

pelindung sobat

Memang sih, sobat sejati itu seharusnya saling membantu. Bahkan saking sayangnya sama sobat, kita mau melindungi dia dari segala mara bahaya. Sayangnya, terkadang keinginan kita jadi pelindung sobat bisa berdampak jelek, lho. Karena kalau keseringan, kita jadi menyusahkan diri sendiri dan bikin sobat nggak mandiri. Makanya untuk jadi malaikat pelindung sobat ada cara-caranya, yaitu:
  • Pelajari situasi dan permasalahannya. Kita harus pintar memilih saat yang tepat untuk campur tangan dalam kehidupan sobat kita. Jika kita lihat dia masih bisa mengatasinya sendiri, nggak usah terlalu heboh memberi bantuan.
  • Tetap berada di posisi netral. Ketika sobat bersitegang dengan orang lain, usahakan untuk tidak terlalu memihak kepada sobat. Kita jadi penengah saja yang bisa menjembatani kedua belah pihak. Sehingga sobat pun bisa belajar cara mempertahankan dirinya sendiri.
  • Berikan saran, bukan solusi. Biarkanlah sobat kita memikirkan sendiri cara menyelesaikan masalahnya. Tugas kita hanyalah memberikan saran, masukan dan dukungan. Selebihnya, kita serahkan sobat dalam mengambil keputusan.
  • Lepaskan tanggung jawab. Satu hal yang membuat kita suka “gatal” ingin melindungi sobat, yaitu rasa tanggung jawab yang berlebihan. Nah, rasa tanggung jawab inilah yang harus pelan-pelan kita kurangi agar kita nggak terlalu memanjakan dia.
  • Harus tega. Memang sedih sih, melihat sobat yang kita sayang mengalami kesusahan. Tapi, kalau kita ingin melihat sobat menjadi sosok yang tegar, maka kita harus membiarkannya berusaha bangkit dan berdiri di atas kedua kakinya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar