CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 08 Mei 2012

Sobatku Cengeng

Sobat yang satu ini selalu nangis kalau ketemu masalah. Tampaknya sulit banget menghadapi kesedihannya. Tapi, gimana mau masalah selesai kalau diatasi dengan nangis. Yuk, kita bantu sobat biar lebih kuat dan nggak gampang sedih.

Biarkan Si Sobat Menangis
Beri ruang si sobat untuk menangis sepuas-puasnya. Jangan coba menenangkan atau bicara dengan dia saat sedang menjatuhkan air mata. Biasanya, menangis di depan teman merupakan cara untuk meminta perhatian lebih. Biarkan sampai tangisnya reda.

Ajak Bicara
Setelah tampak emosi si sobat sudah tenang, cobalah kita ajak ngobrol. Tanyakan permasalahan atau penyebab dia menangis. Biarkan si sobat megeluarkan isi hatinya.

Coba Beri Solusi
Kalau si sobat sudah puas curhat, saatnya kita putar otak. Berikan beberapa solusi permasalahan yang dialaminya. Bila dia menolak saran kita, coba berikan alternatif solusi lainnya atau kasih gambaran kemungkinan yang terjadi di balik keputusan yang ada.

Ceritakan kesulitan orang lain
Biasanya, si sobat akan memikirkan diri sendiri dan menganggap dirinya orang ter-sial di jagad raya. Nah, kita harus membandingkan permasalahan dia dengan kesulitan orang lain. Ceritakan cara orang tersebut bisa bertahan dalam menghadapi kesulitan dan kesedihan. Jadikan orang ini sebagai motivasi si sobat.

Beri Semangat
Kita harus meyakinkan si sobat kalau semua permasalahan bisa dihadapi. Jangan sampai kita berlarut-larut dalam kesedihan atau kemarahan. Sampaikan juga ke sobat bahwa masih banyak harapan positif dari setiap masalah. Yakinkan sobat untuk optimis dan semangat menaklukkan masalahnya.

0 komentar:

Posting Komentar